angin & keluarga

PERMAINAN BARANG TERSEMBUNYI

Permainan sembunyi barang (petak umpet) yaitu permainan mencari dan menyembunyikan barang. Barang yang disembunyikan biasanya berupa mainan. Permainan ini salah satu permainan yang sering dimainkan oleh Angin dan Mami di rumah. Aturan yang kami buat sederhana dan mudah dilakukan semua anggota keluarga. 


MEDIA/ALAT

Mainan mobil-mobilan (barang yang disembunyikan)


CARA BERMAIN

Dimulai dengan menentukan si pencari dan siapa yang akan menyembunyikan mainannya. Kami tidak menggunakan cara suit atau hompimpa, hanya saling menanyakan siapa yang bersedia. Jika sudah ditentukan dan keduanya sepakat barulah dimulai permainannya. 


Dalam video ini Angin yang bersedia menjadi si pencarinya dan Mami yang menyembunyikan mainan mobil-mobilannya. Si pencari ini nantinya akan memejamkan mata dengan berbalik menghadap ke tembok sambil berhitung 1 sampai 10. Biasanya kami bermain di dalam rumah, tepatnya di kamar tamu. Pada saat di pencari berhitung, disaat inilah mainan mulai disembunyikan oleh lawan mainnya. Setelah hitungan sepuluh sudah selesai, maka mulailah di pencari membuka mata dan mencari beberapa mainan yang dsembunyikan di kamar tamu. 


Disaat inilah keseruannya, si pencari akan kebingungan dan berpikir untuk mencari mainan yang tersembunyi. Dalam aturan main kami tidak ada batas waktu untuk mencarinya karena tujuan permainan ini dibuat untuk bersenang-senang sekkaligus melatih cara berpikir kita. 


Permainan selesai setelah semua mainan ditemukan atau si pencari menyerah. Kemudian kita hitung jumlahnya. Jika hanya beberapa saja yang ditemukan berarti si pencari akan kembali menghitung dan memulai permainan dari awal alias kalah. Sebaliknya, jik amainan ditemukan semuanya, si pencari akan menang dan bergantian bertugas menyembunyikan mainannya. 


KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.