kiara & keluarga

PERMAINAN ENGKLEK

Kiara bermain engklek bersama keluarga – ada Kiara, bapak dan ibuk. Bermain engklek di halaman depan rumah. Lebih asyik tidak pakai sandal.

MEDIA/ALAT

Batu, pecahan lantai keramik, atau pecahan genteng sebagai gacuknya.

CARA BERMAIN

Engklek dimainkan pertama-tama dengan membuat arena engkleknya dulu dengan cara membuat garis petak-petakan dan setengah lingkaran pada tanah. Saat memulai, kami hompimpah dulu dan juga pinsut atau suit untuk menentukan siapa duluan yang main. Si pemain melempar gacuk ke petak pertama. Kemudian dia harus engklek melompat dengan satu kaki ke petak-petak lainnya. Setelah sampai di petak sebelah gacuk, dia harus ambil gacuknya dan melompati petak gacuk tersebut. Setelah itu melempar gacuk ke petak selanjutnya hingga ujung petak dan setengah lingkaran. Kalau menginjak garis atau gacuk dilempar dan jatuh bukan pada petak yang seharusnya, maka harus ganti pemain. Oiya, kalau gacuk jatuh pada garis, juga artinya harus ganti pemain. Manfaat main engklek adalah melatih kekuatan badan terutama pada bagian kaki kita. Selain itu, kita akan menjadi lincah. Saat menunggu giliran main, kita juga berlatih kesabaran. Jika kita bisa menyemangati lawan main, itu artinya kita juga melatih diri dan orang lain menjadi bersemangat dan saling support. Saat melempar gacuk, kita melatih diri untuk lebih bisa berhati-hati, cermat, fokus dan tepat sasaran.

KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.