nara & keluarga

PERMAINAN GANGSING

Gangsing adalah permainan yang biasa dilakukan berdua atau berkelompok, bisa dimainkan dari anak-anak hingga orang dewasa, gangsing berasal dari kata gang dan sing, gang artinya lorong dan sing memiliki arti suara, jadi gangsing adalah sebuah permainan yang dimainkan disebuah lokasi atau tempat dan memiliki suara. Penyebutan kata gangsing berbeda beda, di Pulau Jawa dinamakan Gangsing, di Lampung mereka menyebut Pukang dan di Pulau Kalimantan menyebutnya Begasing, sedangkan di Yogyakarta kami menyebutnya dengan Gangsingan.

MEDIA/ALAT

Gangsing Bambu, Tali dan Halaman.

CARA BERMAIN

Pertama aku membuat kesepakatan dengan Ayahku siapa yang kalah akan lari memutari lapangan., Lalu gasing dipegang di tangan kiri sedangkan tangan kanan memegang tali., Lalu tali mulai dililitkan pada gasing dari bagian atas sampai bawah Mulai berhitung 1-3 setelah itu gangsing secara bersamaan dilempar hingga kakinya menyentuh permukaan tanah dan membuatnya tegak lurus lalu berputar., Gangsing akan berputar dalam beberapa waktu tertentu dan gerakannya akan makin melambat Gangsing yang putarannya lebih lama, dialah pemenangnya.

KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.