kiev & keluarga

PERMAINAN PANCO JEMPOL DAN SUIT

Permainan ini dinamakan panco jempol dan suwit (gajah, semut, manusia) yang dimodifikasi dari suwit Jepang atau janken, atau ada juga yang bilang Shoushilling. Suwit ya menggunakan jari jempol, telunjuk dan kelingking yang menggambarkan gajah, manusia dan semut. Penentuan pemenang yaitu, jempol mengalahkan telunjuk. Telunjuk mengalahkan kelingking. Kelingking mengalahkan jempol (gajah mengalahkan manusia, manusia mengalahkan semut, semut mengalahkan gajah). Untuk panco jempol seperti panco tangan biasa dimana siapa yang berhasil mengunci jempol dalam hitungan waktu yang disepakati dinyatakan sebagai pemenang.

MEDIA/ALAT

  • Jari tangan

CARA BERMAIN

Panco jempol Pertama dibuat dulu kesepakatan berapa hitungan yang digunakan.disini disepakati hitungan ya sampai dengan hitungan 4. Lalu permainan dimulai dengan mengaitkan jempol dan berhitung sampai 4, yang bisa lolos sebelum hitangan keempat dinyatakan sebagai pemenang. Permainan diulang beberapa kali untuk menentukan pemenang.

 

Suwit 3 jari

Pertama dibuat kesepakatan siapa yang akan lebih dulu suwit, lalu permainan dimulai. Pemenang ditentukan sesuai aturan yang ada dideakripsi. Permainan diulang berkali2 sampai ada pemenang, dan setiap dimulai yang menang di putaran sebelumnya yang pertama kali suwit.

KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.