willy & keluarga

PERMAINAN TRADISIONAL PLETHOKAN

Banyak sekali jenis permainan tradisional yang biasa dimainkan dan populer dimasanya. Sekarang permainan tradisional sedikit mengalami pergeseran dan tak banyak dimainkan. Contohnya adalah permainan plethokan atau bedhil-bedhilan. Dalam bahasa Indonesia bedhil-bedhilan artinya sama dengan permainan yang menyerupai pistol-pistolan. 

Anak-anak yang memainkan permainan ini biasanya berumur diatas 8 tahun. Beberapa permainan tradisional memang cenderung melibatkan kegiatan fisik akan tetapi lewat permainan fisik ini memunculkan keseruan atau keasikan tersendiri. Selain itu melalui permainan tradisional, kedekatan anak dengan orang di sekitarnya bisa terjalin lebih erat. Hal itu didasari karena banyak proses komunikasi secara langsung yang dapat terjadi. Sehingga memberikan kesempatan kepada anak untuk dapat mengutarakan pendapatnya. 

Permainan tradisional menjadi alternatif yang menarik untuk dimainkan dengan keluarga saat di rumah saja. Aturan dan media yang digunakan cukup mudah dan tersedia dilingkungan rumah. Permainan ini membutuhkan dampingan dari orang tua agar permainan berjalan dengan aman. Selain membutuhkan dampingan, para pemain juga harus membuat kesepakatan (atau aturan) saat bermain. 

MEDIA/ALAT

  • bambu berdiameter kecil
  • kertas bekas basah
KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.