wedha & keluarga

PERMAINAN TRADISIONAL DAKON

MEDIA/ALAT

Peralatannya cukup sederhana – papan dakon dan biji dakon. Papan dakon terbuat dari kayu, plastik atau bahkan cukup menggunakan hamparan tanah kosong. Papan ini terdiri dari 14 lubang kecil yang terbagi dalam 2 baris sejajar dan 2 lubang besar di sisi kiri dan kanan. Keempatbelas lubang kecil ini akan diisi dengan 98 biji dakon atau masing-masing lubang 7 biji dakon dan membiarkan kedua lubang besar di sisi kanan dan kiri kosong. 

CARA BERMAIN

Secara umum permainannya dilakukan dengan mengambil seluruh biji yang ada di dalam salah satu lubang yang berada di sisi pemain dan membagi biji satu persatu ke setiap lubang, berputar searah jarum jam, termasuk lubang besar di sisi kiri pemain sebagai lumbung miliknya. Permainan akan terus berlanjut jika biji jatuh di lubang yang masih ada isinya, dan pemain akan mengambil seluruh biji di dalam lubang ini untuk diteruskan seperti sebelumnya – membagi setiap lubang termasuk lumbungnya. Permainan akan berhenti dan digantikan pemain lain jika biji terakhir jatuh di lubang yang kosong. 

Dakon permainan sederhana yang ternyata mengajarkan banyak hal bagi anak-anak kita. Jadi tidak salah kalau ibuk membeli papan dakon dan biji-biji plastik ini buat Thole – anak lanang. Karena kejujuran, ketekunan, strategi dan penguasaan konsep bilangan tidak mengenal perbedaan perempuan dan laki-laki. Semua boleh belajar dan bermain bersama.

KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.