kiena & keluarga

PERMAINAN UNO

UNO merupakan salah satu jenis permainan kartu yang bisa dimainkan oleh 2-10 orang. Semakin banyak orang yang bermain akan semakin seru. Kartu UNO yang asli jumlahnya ada 112 yang terdiri dari 76 kartu biasa (angka 0-9) serta 36 kartu aksi (+2, reverse/ balik arah, skip/ stop, 4 warna/ sakti, dan kartu sakti +4) dan mempunyai aturan tertentu. Supaya permainan ini lebih seru aku buat sendiri kartunya dibantu bapak ibu dan aturan mainnya juga dibuat sendiri sesuai kesepakatan anggota keluarga.

MEDIA/ALAT

Kartu. Bikin sendiri dengan karton, spidol, krayon, gunting, penggaris, cutter

CARA BERMAIN

Hompimpa dulu untuk menentukan siapa yang mengocok dan membagikan kartu serta pemain pertama. Kemudian ditentukan arah bermainnya, putar ke kanan atau putar ke kiri. Masing-masing pemain memperoleh 7 buah kartu, dan permainan diawali dengan kartu pembuka berupa kartu angka. Kartu angka terdiri dari 4 warna, masing-masing ada angka 0-9. Pemain yang mendapat giliran dapat mengeluarkan kartunya sesuai dengna warna atau angka, dan seterusnya. Apabila tidak memiliki harus mengambil kartu yang belum dibagikan sampai mendapatkan kartu yang sesuai. Kartu aksi akan berimbas pada pemain yang mendapat giliran berikutnya. Akpabila mengeluarkan kartu +2 artinya pemain selanjutnya harus mengambil 2 buah kartu, kartu reverse berarti arah permainan berubah, kartu skip berarti 1 pemain selanjutnya hanya dilewati, kartu 4 warna menjadi warna sesuai keingingan pemain yang memilikinya, dan kartu sakti +4 selain menjadi warna sesuai pemiliknya akan menghukum pemain selanjutnya untuk mengambil 4 buah kartu. Bila kartu tinggal 1, wajib bilang UNO. Apabila tidak harus ambil 4 buah kartu. Pemang adalah yang paling lebih dulu habis. Jika tidak ada yang lebih dulu habis sampai semua kartu yang tak terbagi habis, maka yang paling sedikit kartunya yang menang, dan yang paling banyak kartunya harus mengocok dan membagikan kartu untuk permainan selanjutnya.

KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.