Workshop & Training untuk Dewasa

WORKSHOP & TRAINING tentang PENDIDIKAN ANAK USIA DINI untuk DEWASA

Durasi 3 jam.

Peserta akan diajak untuk memahami hak anak. Selanjutnya, memetakan bersama apa saja yang termasuk pelanggaran hak anak dan upaya pemenuhan hak anak apa saja yang dapat dilakukan di rumah dan di sekolah.

Durasi pelatihan: 3 jam.

Bermain adalah pekerjaan utama anak-anak. di workshop ini, peserta akan diajak untuk memahami karakteristik anak usia dii. Selanjutnya peserta akan diajak untuk memaknai dan menciptakan permainan-permainan yang bisa mengoptimalkan seluruh aspek perkembangan anak. 

Durasi pelatihan: 3 jam.

Di materi ini, peserta diajak untuk memahami, apa saja metode danpendekatan yang digunakan dalam pendampingan, yang ramah dan berpusat pada anak. Ada berbagai metode yang bisa dilakukan setiap harinya di kelas, sehingga anak tetap bisa bermain dengan senang. 

Durasi pelatihan: 2 jam.

Bagaimana berkomunikasi yang efektif dengan anak?
Di materi ini akan dibahas:

  • Prinsip-prinsip komunikasi efektif untuk anak. 
  • Pentingnya menggunakan kalimat positif.
  • Mengapa sebaiknya tidak melabel anak
  • Dampak komunikasi tidak eektif terhadap anak

Durasi pelatihan: 4 jam.

  • Apakah APE itu? Apa perbedaannya dengan alat peraga?
  • Peserta akan diajak bagaimana membuat APE dari bahan limbah dan bahan lokal yang ada di daerah setempat.
  • APE tidak harus membeli, tapi bisa dibuat sendiri, bahkan bersama anak. 

Durasi pelatihan: 3 jam.

Cara terbaik meilindungi anak adalah dengan membekalinya keterampilan-keterampilan perlindungan diri. Tidak semata melindungi diri secara fisik dengan ilmu bela diri, tetapi juga bagaimana melindungi diri dengan bersikap asertif.

Body Mapping adalah salah satu metode untuk meningkatkan keterampilan melindungi diri dari kekerasan seksual. Dengan body mapping, peserta (dewasa) dilatih untuk mengajari anak memetakan bagian tubuhnya dan bagaimana bersikap asertif untuk menghadapi ancaman dan gangguan.

Durasi pelatihan: 4 jam.

Belajar calistung tidak harus serius, duduk manis di depan meja.
Workshop ini berisikan materi tentang bagaimana menyiapkan anak-anak untuk menyukai baca, tulis, dan hitung. Tanpa tertekan.

Di sesi ini, peserta akan diajak membuat APE yang memiliki kekhasan untuk stimulasi baca tulis hitung. Dengan APE semacam ini, anak sebenarnya sedang belajar sesuatu meskipun tampaknya sedang asyik bermain.

Durasi pelatihan: 4 jam

Sesi ini akan membahas tentang:

  • Pengertian PAUD Inklusi 
  • Bagaimana pendampinigan anak di PAUD inklusi
  • Bagaimana manajemen yang harus disiapkan

Durasi pelatihan: 3 jam

Di sesi ini, peserta diajak untuk memahami tahapan perkembangan anak di tiap usianya. Pendidik/orang dewasa perlu tahu, supaya tepat dalam mendampingi dan menstimulasi anak baik di rumah maupun di sekolah.

Durasi pelatihan: 3 jam

Dengan menata lingkungan main, artinya orang dewasa sedang menyiapkan pijakan sebelum main. Lingkungan harus ditata sedemikian rupa sehingga stimulasi kepada anak bisa optimal, dan anak bisa bermain sesuai kebutuhannya.

Durasi pelatihan: 3 jam

Durasi pelatihan:Untuk memberikan penilaian terhadap perkembangan anak, harus menggunakan metode yang pas sesuai. Di sesi ini, peserta akan diajak membuat penilaian yang berpusat pada anak. 

Durasi pelatihan: 2 jam

Orangtua dapat belajar bersama melalui materi dan diskusi parenting (pengasuhan anak). Sinergi antara apa yang dilakukan di sekolah dengan apa yang dilakukan di rumah adalah salah satu kunci keberhasilan pendidikan karakter. Diskusi pengasuhan anak (parenting) dapat menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah orangtua terkait anaknya.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

eccd_rc@yahoo.co.id
0274 – 373 709 atau 0856 0136 4656 
Senin – Jumat: jam 08.00 – 16.00 WIB

KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.