#ArtDay3 : Membuat Celengan dari Toples dan Menghias Tempat Lilin

Hari Jumat 19 April, pukul 14.15 WIB anak-anak peserta art day mulai tiba di perpustakaan Reading Corner ECCD-RC. Mereka sangat menantikan kegiatan art day yang dilangsungkan setiap hari Jumat minggu ketiga setiap bulannya. 15 menit kemudian, anak-anak diajak ke gallery APE. Di sana mereka saling bertukar cerita sambil menunggu kedatangan teman yang lain.

Acara ini dimulai pukul 14.45 WIB dengan circle dan menyanyikan lagu ‘ada bola’. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan cara membuat celengan dan menghias tempat lilin serta urutan cara membuatnya. Untuk memudahkan proses saat praktek, anak-anak dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama didampingi oleh Mbak Laras dan kelompok dua, didampingi oleh Mbak Eti.

Anak-anak segera mengambil toples, memilih kuas, dan mulai mengecat begitu kegiatan praktek dimulai. Mereka saling bergantian menggunakan cat yang disediakan dan sabar memoleskan cat sebaik mungkin. Anak yang sudah selesai mengecat, boleh memilih tempat lilin dan menghiasnya menggunakan cat atau menempelkan gambar dengan lem sementara toples dikeringkan. Setelah cat yang menempel pada toples dirasa kering, anak-anak bisa menempel kertas bergambar atau membuat hiasan sendiri untuk mempercantik celengan dari toples tersebut.

Anak-anak yang selesai melakukan praktek lebih dulu, boleh mencuci tangan dan melihat hasil karya yang dipasang di gallery APE. Selanjutnya, ketika sebagian besar anak telah selesai, mereka diajak bermain bersama kemudian diskusi sebentar mengenai tema art day bulan berikutnya. Di sini, anak-anak memberikan ide seperti membuat robot dari kardus, pelangi dari botol, atau pesawat dan kapal dari botol. Sayangnya, diskusi belum mencapai kesepakatan karena waktu telah menunjukkan pukul 16.00 WIB dan semua anak telah selesai menyempurnakan karyanya. Kegiatan pun ditutup dengan membaca doa yang dipimpin oleh Makyla. Hm, untuk sementara tema art day bulan Mei masih ditentukan oleh perpustakaan RC, ya,… Tunggu informasinya bulan depan,..!!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.