Divisi Lab. School “Rumah Citta”

Rumah Citta merupakan salah satu divisi dari Lembaga Swadaya Masyarakat Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD-RC) Jogja. Lembaga ini bertempat di Jl. D.I. Panjaitan 70, Yogyakarta.

Rumah Citta berdiri tahun 2003. Awal berdiri terdiri dari 2 kelas, yaitu 1 kelas Kelompok Bermain (KB) dan dan 1 kelas Taman Kanak-kanak (TK). Jumlah anak ± 10 orang. Tahun 2004 Rumah Citta membuka TPA. Sampai saat ini, ada 5 kelas yang terdiri dari 2 kelas KB, 1 kelas TPA, 1 kelas TK Kecil dan 1 kelas TK Besar. Jumlah anak ± 80 orang.

Visi Rumah Citta mengikuti visi lembaga, yaitu anak usia dini mendapatkan dunianya yang menghargai nilai-nilai inklusivitas terutama hak-hak anak, keadilan gender, ramah lingkungan hidup, dan kearifan lokal sehingga tumbuh dan berkembang optimal. Visi ini tercermin dalam kurikulum, pendekatan pembelajaran, aturan, dan pembiasaan yang berlaku.

Kurikulum diolah sendiri dengan berdasar pada kurikulum tingkat satuan pembelajaran (KTSP) anak usia dini dari Dinas Pendidikan yang disesuaikan denga perkembangan anak dan visi lembaga. Pendekatan pembelajaran berpusat pada anak. Yaitu pembelajaran yang membuka kesempatan seluas-luasnya untuk bereksplorasi, berpendapat, mengembangkan diri sesuai perkembangannya, dan belajar dengan senang.

Rumah Citta, sejalan dengan kebijakan lembaga, mengusahakan terciptanya pusat PAUD yang bebas dari kekerasan pada anak. Berbagai perangkat, seperti: aturan, standard operasional prosedur, dan kegiatan disiapkan dan diadakan untuk melakukan pencegahan terjadinya kekerasan pada anak.

Rumah Citta menerima anak dengan berbagai latar belakang sosial, budaya, ras, dan kemampuan. Semua anak tergabung dalam kelas yang sama. Anak dengan kebutuhan khusus juga bergabung dengan anak lain, dan dibuatkan program khusus sesuai kebutuhannya. Pendidikan nilai menjadi landasan pengembangan aspek moral. Pengenalan keragaman agama dilakukan dengan mengadakan berbagai kegiatan setiap hari besar agama. Berbagai kegiatan lain diselenggarakan, baik event khusus maupun terlihat dalam pelaksanaan program kelas dan keseharian anak dan pendamping, untuk membangun pola hidup yang peduli dan menerima keberagaman.

Pendidik berasal dari berbagai disiplin ilmu yang terus diperkaya dengan berbagai pemahaman tentang PAUD. Pendidik mempunyai komitmen mendampingi perkembangan anak bersama orangtua. Pendidik juga berkomitmen terus belajar bersama anak.

Selain menjadi rumah belajar bagi anak usia dini, Rumah Citta juga menjadi rumah belajar orang dewasa. Rumah Citta membuka kesempatan kunjungan/ studi banding, tempat penelitian, tempat magang, dan observasi. Kesempatan ini terbuka bagi mahasiswa, orangtua, kader, pendidik, dan masyarakat luas yang ingin belajar dan mengenal lebih dekat tentang PAUD. Saat ini Rumah Citta telah diakses berbagai pihak dari Yogyakarta maupun provinsi lain.

Untuk mengembangkan program PAUD, Rumah Citta bekerjasama dengan berbagai pihak. Bekerja sama dengan lembaga pemerintahan, lembaga kesehatan, seniman, LSM lain, lembaga peduli lingkungan, lembaga budaya, dsb.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.