READING CORNER

Sebagai lembaga yang berfungsi memberikan layanan dan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan anak usia dini (PAUD), ECCD-RC memiliki beberapa program layanan untuk masyarakat, salah satu media layanan kami yaitu Perpustakaan anak dan Pendidik Anak Usia Dini – Reading Corner ECCD-RC.

Yang melatar belakangi pendirian perpustakaan Reading Corner ECCD-RC pada 22 Juli 2002 yaitu : 1. ECCD-RC menyadari bahwa buku merupakan media yang penting dan efektif untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat khususnya mengenai isu-isu seputar Pendidikan Anak Usia Dini dan bacaan edukatif untuk anak 2. Kondisi masyarakat sekitar yang rata-rata haus akan informasi dan sadar akan pentingnya buku. Perpustakaan menjadi alternatif hiburan yang edukatif di wilayah kami.

Awalnya Reading Corner hanya 1 (satu) ruang saja. Buku anak dan buku untuk dewasa didisplay dalam satu ruang yang sama. Seiring dengan kebutuhan dan jumlah pengunjung yang semakin banyak kami mulai berfikir untuk memisahkan ruang perpustakaan untuk anak dan untuk dewasa. Maka tanggal 3 Desember 2005 kami merelaunching perpustakaan Reading Corner. Acara ini cukup besar dan melibatkan masyarakat umum dan juga intern ECCD-RC tujuannya agar perpustakaan ECCD-RC dikenal oleh masyarakat yang lebih luas. Kegiatan ini juga diliput oleh TV lokal dan media cetak. Rangkaian acaranya antara lain pentas teater oleh anak-anak yang idenya diambil dari sebuah buku, sarasehan, bazar dll.

Relaunching ini sekaligus juga menunjukkan pada masyarakat luas bahwa Reading Corner juga memiliki beberapa koleksi mainan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Mainan tradisional yang ditata dalam ruang yang sama dengan perpustakaan dewasa selain menambah keindahan ruang juga bertujuan untuk melestarikan mainan tradisional Indonesia yang saat ini mulai sulit ditemui.

Reading Corner ECCD-RC tidak hanya menyediakan bacaan informatif dan edukatif bagi anak, tetapi juga untuk orang dewasa khususnya guru/pendidik anak usia dini. Melalui perpustakaan ini diharapkan masyarakat akan mendapatkan informasi tentang PAUD dan semakin sadar dan peduli betapa pentingnya penanaman PAUD sejak dini sebagai pondasi untuk perkembangan anak selanjutnya.

Sejauh ini animo masyarakat untuk datang ke perpustakaan kami cukup menggembirakan. Saat ini tercatat ada 500-an pengunjung rutin setiap bulannya yang terdiri dari anak-anak maupun dewasa, dengan sekitar 70%nya adalah peminjam aktif.

Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya mereka, anak–anak maupun masyarakat sangat membutuhkan bahan bacaan untuk memenuhi kebutuhan informasi, pengetahuan maupun hiburan. Bagi kami hal ini merupakan suatu hal positif yang perlu dipertahankan, bahkan sedapat mungkin untuk ditingkatkan. Peningkatan layanan dapat dilakukan melalui penambahan koleksi buku anak dan PAUD.

Kegiatan / Program perpustakaan Reading Corner

NO Waktu kegiatan Nama Kegiatan Sasaran kegiatan keterangan

1. Satu bulan sekali Workshop mainan limbah Umum ( dewasa dan anak ) Alat dan bahan disediakan oleh perpustakaan. Masyarakat akan diajarkan membuat mainan oleh tim dari RC sesuai tema dan bahan yang telah ditentukan,. Selanjutnya hasil karya boleh dibawa pulang

2. Satu bulan sekali Majalah dinding Umum ( dewasa ) Mading berisi informasi seputar pengasuhan dan pendidikan untuk anak usia dini. Setiap bulan tema yang diangkat berbeda-beda misalnya : disiplin, pendidikan seks untuk anak, makanan sehat dst.

2. Setiap hari bersamaan dengan jam buka Reading Corner. Dongeng Umum (Anak-anak) Siapapun boleh jadi pendongeng. Bisa orang tua, anak, pengelola atau pengunjung umum. Tujuannya mengenalkan buku pada anak sejak usia dini, melatih percaya diri, dan mengembangkan imajinasi anak.

3. Awalnya diadakan satu minggu sekali setiap hari senin jam 13.00 dan diberi nama “Monday Movie Day”. setelah dievaluasi acara nonton film diadakan satu bulan sekali setiap hari Rabu minggu pertama jam 13.00 dan diberi nama “ Rcinema atau Rabu Cinema “. Hal ini bertujuan agar acara nonton film yang diadakan memiliki kualitas yang lebih baik. Nonton film Umum (anak-anak) Setelah nonton film selesai dilanjutkan dengan diskusi. Reading Corner juga mengadakan kuis dan tersedia kenang-kenangan bagi yang bisa menjawab pertanyaan. Respon acara nonton film cukup baik dapat dilihat dari jumlah penonton yang mencapai 40 orang. ( maksimal 50 orang ) karena saat ini ECCD-RC belum memiliki ruang dan sarana yang memadai untuk pemutaran film.

4.

Festival story telling diadakan satu tahun sekali bersamaan dengan acara tutup tahun atau acara kelulusan murid TK besar. Anak usia dini baik intern ECCD-RC maupun ekstern dapat berpartisipasi dalam acara ini.

Festival Story telling

Anak usia dini baik intern ECCD-RC maupun ekstern

Acara ini bukan lomba karena tidak ada kompetisi didalamnya. festival story telling bertujuan untuk mengenalkan buku pada anak sejak dini dengan harapan dapat menumbuhkan minat baca sejak dini. Yang unik dari acara ini pendaftaran tidak dengan uang melainkan buku atau majalah bekas, yang bertujuan agar koleksi buku Reading corner semakin bertambah dan yang lebih penting lagi anak mendapat pendidikan tentang pemanfaatan barang bekas, bahwa barang bekaspun masih dapat dimanfaatkan untuk kegiatan yang menyenangkan.

5 Setiap hari bersamaan dengan jam buka Reading Corner. Kreativitas Pengunjung Perpustakaan Selain dapat membaca buku-buku yang menarik dan mendidik pengunjung Reading Corner juga dapat melakukan kegiatan lain yaitu berkreasi seperti : mewarnai, menggambar, menempel, membuat wayang, membuat alat permainan dari limbah dll.

Jadwal Buka Perpustakaan

Hari : Setiap hari Senin – Jumat (Hari Sabtu, minggu dan hari-hari libur nasional tutup.)

Jam : 08.00 – 15.00 WIB

Perpustakaan PAUD

Menyediakan buku-buku referensi Pendidikan anak usia dini ( modul, kurikulum ) bagi dewasa, bisa dibaca ditempat maupun dipinjam. Perpustakaan juga mendisplay Alat permainan edukatif tradisional, APE berbahan limbah.

Perpustakaan Anak

Menyediakan buku-buku anak yang edukatif, bisa dibaca ditempat maupun dipinjam

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.