DIVISI MEDIA DAN KAMPANYE

Tujuan pembentukan divisi media kampanye :

Sebagai sarana penyampai informasi, isu dan pengalaman tentang PAUD kepada seluruh komponen masyarakat baik yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan Pendidikan Anak Usia dini, sehingga wawasan dan pengetahuan masyarakat dalam mengoptimalkan potensi dan tumbuh kembang anak usia dini bisa bertambah.

Program Media dan Kampanye ECCD-RC

1. Sebagai duta Komisi Penyiaran Indonesia Daerah DIY

Di tahun 2009 ini divisi media kampanye mendapat program baru yaitu duduk sebagai duta KPID. Tugas kami membantu KPID mensosialisasikan program melek media bagi masyarakat luas. Kegiatan2 yang sudah kami lakukan berkaitan dengan posisi ini antara lain : menghadiri seminar2 KPID, mengadakan kotak pengaduan tayangan TV di ECCD-RC bagi orangtua dan masyarakat, membuat mading dengan tema Tayangan TV, menulis tentang dampak tayangan TV di buletin RC dsb.

2. Mengasuh kolom konsultasi dan artikel di harian jogja

Kami mengasuh kolom konsultasi anak dan artikel di harian jogja sejak 2008 sampai sekarang. respon dari masyarakat terhadap kolom ini cukup baik karenanya oleh pihak Harian Jogja kerjasama masih dilanjutkan terus.

3. Mengasuh program talkshow di radio

Sejak tahun 2004 sampai sekarang divisi media kampanye mengasuh program talkshow di Radio Anak Jogja 99,9 FM. kami siaran 1 minggu sekali setiap hari Sabtu jam 10.00-11.00. Melalui media ini diharapkan jangkauan RC didalam menginformasikan isu PAUD kepada masyarakat dapat lebih luas lagi, sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat menambah wawasan dan pengetahuannya dalam mengoptimalkan potensi dan tumbuh kembang anak usia dini. Informasi yang terjadi adalah informasi dua arah. Saat kami siaran masyarakat bisa berinteraksi melalui telpon atau SMS untuk bertanya atau berbagi pengalaman sesuai tema sehingga permasalahan yang dihadapi saat itu juga dapat diperoleh solusinya.

Tema-tema yang pernah diangkat antara lain :

– mengatasi rasa takut pada anak

– pendidikan seks untuk anak usia dini

– mengatasi anak sulit makan

– mengajarkan puasa pada anak usia dini

– anak VS orang tua

– kemandirian

– tema2 inklusif

– dll

Program talkshow ini juga pernah diangkat menjadi skripsi oleh mahasiswa salah satu universitas swasta di DIY. Hasil penelitiannya adalah talkshow ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, masyarakat jadi terbuka wawasannya tentang pengasuhan anak.

4. Majalah dinding

Media kampanye ECCD-RC juga mengelola majalah dinding yang mengangkat tema-tema yang menarik seputar pendidikan dan pengasuhan anak usia dini. Majalah dinding diganti setiap satu bulan sekali. Tema-tema yang pernah ditampilkan antara lain : anak berkebutuhan khusus, hiperaktif, mengatasi penyakit dimusim hujan, mengajarkan membaca dan menulis untuk anak usia dini,dll. Majalah dinding juga menyesuaikan tema dengan perayaan hari-hari besar misalnya tema menyambut bulan Ramadhan, lebaran, Natal, Tahun Baru, dll. Melalui Majalah Dinding, diharapkan para pembaca dapat meningkatkan pengetahuannya tentang anak usia dini. Mading juga merupakan salah satu media yang efektif untuk mempromosikan Pendidikan Anak Usia Dini karena dapat dibaca oleh masyarakat luas.

5. Informasi cetak atau Leaflet

Program media kampanye yang lain adalah membuat Informasi Cetak atau Leaflet terkait lembaga dan program ECCD-RC.

6. Merchandise

Merchandise yang kami buat selain unik juga selalu mencantumkan pesan kampanye. Unik karena menggunakan karya anak, karya yang digunakan pun sebelum dicetak harus lewat proses panjang terlebih dahulu antara lain harus dapat ijin dari anak dan orangtuanya. Pesan kampanye yang disampaikan dalam merchandise antara lain “ rumahku sumber belajarku” untuk sosialisasi homebase atau pendidikan berbasis rumah, “differences make our life beautiful” untuk kampanye isu inklusi, “ semua anak butuh perlindungan” untuk kampanye child protection policy .

7. Perpustakaan anak dan PAUD

Perpustakaan menjadi sarana yang penting untuk mengkampanyekan isu-isu seputar PAUD. Melalui buku beragam isu dapat lebih mudah sampai kemasyarakat. Saat ini perpustakaan RC mengelola dua perpustakaan yaitu perpustakaan anak dan perpustakaan PAUD. Kegiatan perpus pun beragam, disini pengunjung tidak hanya membaca tapi juga bisa bermain panggung boneka, nonton film, berkreasi disudut kreatifitas dsb. Setiap 3 bulan sekali kami menyediakan reward bagi peminjam buku terbanyak. Perpustakaan ECCD-RC adalah satu-satunya perpustakaan khusus PAUD dan anak yang ada di Indonesia yang bisa diakses dan dipinjam oleh umum maka tidak heran kalau perpustakaan ini juga menjadi tempat KKN dan penelitian skripsi mahasiswa di DIY.

8. Fundraising

Program ini dilakukan baik didalam maupun diluar RC melalui display, pameran atau bazar, barang-barang yang dijual tidak hanya produk RC tapi juga dari pihak lain. Saat ini Kami bekerjasama dengan beberapa peneribit, home industri, pembuat mainan anak bentuk kerjasamanya konsinyasi atau titip jual.

9. Bengkel dan galeri alat permainan edukatif (Ape) berbahan limbah

Program MK yang lain adalah mengelola bengkel dan galeri mainan limbah. Di galeri ini masyarakat bisa melihat koleksi mainan limbah milik ECCD-RC. Disini juga disediakan kelas kursus membuat APE yang hasilnya bisa dibawa pulang. melalui galeri ape limbah selain memberi gagasan pada masyarakat bahwa mainan yang edukatif tidak harus mahal kami pun berharap bisa turut mengkampanyekan perilaku ramah lingkungan pada masyarakat luas. Hasil kreasi kami dibengkel saat ini sudah dibukukan, judul bukunya mengolah sampah kertas menjadi mainan edukatif dan mengolah sampah plastik menjadi mainan edukatif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.