Paduan Musik TK B Ceria

Hari ini kita akan berkunjung ke kelas TK Besar. Nama kelasnya TK Ceria. Ada Mas Andre, Mbak Agatha, dan Mbak Rita. Teman-teman terlihat sedang bermain puzzle. Mereka saling berbagi puzzle dan bermain bersama-sama.

Ada yang bermain puzzle kura-kura. Ada juga yang bermain puzzle angka. Yang bermain puzzle sambil menebak angka loh. Misalnya ada teman yang memberikan tebakan angka 30. Teman yang lain menyusun puzzle supaya berbunyi tiga puluh.

Di sudut lain, ada yang sedang menggambar dan bercerita. Mereka tidak berebut bicaranya karena harus saling mendengarkan satu sama lain. Jika ada yang berbicara maka lainnya mendengarkan dengan seksama.

Mereka saling mengungkapkan pendapat dengan positif. Jika ada yang kurang tepat, edukator tidak langsung menyalahkan. Tetapi membantu teman-teman dengan mengatakan “Sepertinya aku melihat warna yang lain.”. Teman-teman diberikan waktu untuk berpikir dan mengkoreksi jawabannya.

Selesai bermain, teman-teman membereskan mainannya dan mengembalikan ke tempat semula. Rupanya hari ini kelas TK Ceria akan bermain musik. Teman-teman nampak sangat bersemangat dan ingin tahu.

Sebelum mulai bermain musik, teman-teman harus berdoa dulu. Siapa ya yang akan memimpin doa. Wah banyak yang ingin memimpin doa. Diselesaikan dengan hompimpa, siapa yang menang yang memimpin doa. Semua menerima hasil hompimpa karena teman-teman sudah bersepakat di awal.

Mas Andre membawa dua buah mic. Menawarkan ke teman-teman siapa yang akan bercerita dengan mic. Noah langsung tunjuk tangan. Dia menceritakan melihat gunung yang tinggi tetapi dia lupa namanya. Yaah sayang sekali Noah lupa namanya padahal teman yang lain sudah penasaran nih.

Hilmi juga bersemangat untuk bernyanyi dengan mic. Dia menanyanyikan lagu Balonku. Masih ada beberapa syair yang terlupa. Tetapi teman-teman tetap menghargai usahanya. Mereka memberikan tepuk tangan untuk Hilmi. Hilmi senang sekali menerimanya.

Saatnya bermain musik. Rupanya tidak hanya mic, Mas Andre juga membawa gitar, marakas, icik-icik dan jimbe. Ada juga yang membawa sendiri seruling dari rumah loh.

Mari kita buat kesepakatan sebelum bermain musik. Agar semua bisa bermain musik dengan asyik. Teman-teman menyepakati bersama untuk bergantian dan sayang teman. Sayang teman artinya tidak mendorong, memukul satu sama lain. bergantian berarti mainnya tidak rebutan. Kita gunakan kalimat yang lebih positif ya.

Semua sudah memegang alat musiknya masing-masing. Siap bermain! Bersama Mas Andre, Mbak Agatha, dan Mbak Rita, teman-teman memainkan tiga buah lagu. Naik kereta api, balonku, dan pelangi-pelangi.

Teman-teman nampak bersemangat menepuk, meniup, memetik, dan menggerakkan alat musiknya. Mereka fokus kepada alat musik masing-masing. Tidak saling mengganggu.

Lelah bermain musik, teman-teman istirahat sebentar untuk makan siang. Kemudian melanjutkan lagi dengan penuh semangat. Seru sekali ya kegiatan Kelas Ceria hari ini.

Sambil bermain musik, kita bisa belajar banyak hal. Belajar mengikuti kesepakatan, membedakan suara dari masing masing alat musik, percaya diri tampil di depan teman teman, dan juga bermain bersama teman-teman.

(MY/TMK)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.