Pentas Drama untuk Memperingati Hari Kartini

Anak-anak Labschool Rumah Citta ECCD-RC memestakan hari Kartini dengan menampilkan drama di Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta pada hari Jumat, 26 April 2013. Acara yang dimulai pada pukul 15.00 WIB ini ditonton oleh orang tua wali murid dan umum. Menurut Mbak Arthie, selaku MC dan PJ kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan agar orang bisa memahami bahwa perjuangan R. A Kartini sangat luar biasa dan menunjukkan bahwa sebenarnya laki-laki dan perempuan mempunyai kesempatan yang sama. Hal ini dibuktikan dengan beberapa drama yang dibuat dari ide anak-anak setelah memahami tokoh Kartini sebagai Pahlawan Nasional. Mereka menampilkan bahwa perjuangan Kartini saat ini bisa dilihat dari jenis profesi, yaitu seorang wanita pun bisa menjadi sopir truk atau pilot dan seorang laki-laki bisa menjadi pramugara. Drama ini ditampilkan oleh anak-anak dari kelas TK Kecil dan PG besar pagi.

Adapun yang menggambarkan perjuangan kartini untuk bisa sekolah seperti anak laki-laki pada masa itu. Drama ini ditampilkan oleh anak-anak dari kelas TK Full day, TK Besar dan Pra SD. Sedangkan kelas PG Kecil & PG Fullday serta anak-anak dari Rumah Bermain menyanyikan lagu bersama-sama yang bisa berarti bahwa tidak ada diskriminasi bagi mereka.

Kegiatan ini berjalan lancar dan sangat menyenangkan. Sebelum acara ditutup, semua anak dan seluruh staf ECCD-RC bersama-sama menyanyikan lagu ‘ibu kita kartini’ dengan suara lantang dan penuh hikmat. Semoga dengan ini, kita semua bisa mengerti, memahami, dan mendukung dengan tindakan bahwa kita semua mempunyai kesempatan yang sama dalam meraih sesuatu. Tentu saja kita juga tetap harus saling sayang teman,..

Mari kita lanjutkan perjuangan Kartini !!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.