Memestakan Nyepi

Selasa 12 Maret 2013, Sekolah laboratorium Rumah Citta memestakan Hari Raya Nyepi di ECCD-RC Jogja. Acara dimulai pukul 08.30 WIB dengan bernyanyi dan bermain bersama di aula. Kemudian, acara dibuka oleh Mbak Ningrum dengan berdoa bersama dan gambaran tentang perayaan Nyepi. Di sini, anak-anak diajak bertukar pendapat melalui pengalaman dan pengetahuan anak-anak tentang Nyepi.

Kegiatan selanjutnya adalah penjelasan mengenai perayaan Nyepi di Tengger, Jawa Timur oleh Mbak Nurul. Mbak Nurul menjelaskan bahwa budaya perayaan Nyepi di Tengger, biasanya ada arak-arakan, orang-orang biasanya juga mendirikan bendera (penjor) atau memasang bunga (benten). Selain budaya, Mbak Nurul juga menjelaskan tentang makna dari setiap benda yang diperlihatkan melalui gambar.

Setelah penjelasan tentang perayaan Nyepi di Tengger selesai, anak-anak mencuci tangan kemudian makan bekal bersama. setelah itu, mereka membuat bendera penjor di kelas masing-masing. Anak-anak sangat antusias dan menikmati kesibukan mereka membuat penjor. Setelah selesai, hasil karya mereka bisa dipasang atau dibawa pulang.

Kegiatan ini berakhir pukul 10.30 WIB dengan lancar dan menyenangkan. Terbukti dari dari anak-anak yang tertawa gembira sambil menunjukkan hasil karya mereka pada orang tua yang datang menjemput. Semoga rasa kebersamaan seperti ini tetap berlangsung, ya,…!!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.