Memilih Baju Untuk si Kecil

Dimuat di Harian Jogja

Yoza Veronika

Belanja baju buat si kecil? Tentu saja hal itu harus dilakukan karena si kecil terus tumbuh sehingga bajunya yang lama tak cukup lagi. Namun ternyata kegiatan memilih baju yang sesuai untuk anak bukanlah hal yang mudah. Beberapa hal perlu diperhatikan oleh orang tua , antara lain :

  • Pilihlah baju yang terbuat dari bahan katun. Baju yang terbuat dari bahan katun lebih nyaman dipakai terutama karena di usianya si kecil sedang banyak bergerak dan mengeluarkan banyak keringat.
  • Baju sesuai dengan ukuran tubuh si kecil. Ajaklah si kecil pada saat membeli baju sehingga kita dapat memilihkan baju yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Baju yang kekecilan atau terlalu besar membuat aktivitas si kecil jadi terganggu
  • Pilih baju dengan berbagai macam warna dan motif/gambar. Anak bisa belajar banyak dari baju yang dikenakannya misal, mengenal warna, mengenal benda atau jenis binatang, berhitung, membaca dll
  • Pilih baju yang merangsang kemandirian anak. Ketika kita ingin anak belajar memakai baju sendiri atau melepas baju ketika akan mandi atau buang air kecil atau besar, hendaknya kita pilihkan baju yang mudah untuk dipakai ataupun dilepas misalnya baju yang memakai rensleting atau celana kolor lalu jika kemampuannya sudah meningkat, kita pilihkan baju yang berkancing. Begitu seterusnya.
  • Untuk si kecil yang bertubuh besar, hendaknya kita pilihkan baju yang longgar. Celananyapun sebaiknya yang berkolor sehingga mereka dapat beraktivitas seperti temannya yang lain.
  • Pilih baju yang sesuai untuk anak. Sekarang banyak baju dengan bermacam-macam model, ada juga yang memakai tulisan-tulisan lucu. Orang tua harus jeli sehingga tidak terjadi anak memakai baju dengan tulisan yang tidak sesuai untuk anak.

Kegiatan berbelanja dan memilih baju juga asyik lho buat si kecil. Apa saja sih yang didapat anak ketika orang tuanya mengajaknya berbelanja:

1.Anak belajar membuat keputusan sendiri

Orangtua dapat mencoba memberikan beberapa pilihan dan membiarkan anak memutuskan sendiri baju yang diinginkannya. Bisa juga anak dibiarkan memilih sendiri baju nya tanpa perlu diberi pilihan. Hal ini membuat anak terbiasa untuk membuat keputusan sendiri tanpa tergantung pada orang tua.

2.Percaya diri

Meminta anak untuk memilih bajunya sendiri juga dapat membuat anak percaya diri

3.Perasaan dihargai

Anak akan merasa dihargai ketika keputusannya diterima oleh orang tua

4.Belajar tawar menawar

Ketika anak dibiarkan memilih sendiri, ada kalanya orang tua tetap perlu ikut campur ketika baju yang dipilih anak tidak cocok untuknya. Pada saat itulah ada proses tawar menawar antara orang tua dan anak.

5.Menghargai orangtuanya

Anak akan tahu bahwa untuk membeli baju diperlukan uang yang itu didapat dari hasil kerja orang tuanya. Dengan begitu anak akan menghargai jerih payah orangtuanya.

Nah, selamat mencoba. Dengan melakukan hal-hal tersebut, kayaknya tak akan terjadi lagi orang tua memaksa anak memakai baju yang dipilihkannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.