Art Day Yuukkk

Art day adalah kegiatan yang selalu ditunggu oleh anak anak. Mereka akan diajak untuk berkreasi dari berbagai media. Di postingan kali ini , akan menceritakan kegiatan art day saat mereka membuat poster dan tas dari kaos bekas.

Kita selalu tidak pernah berhenti mengenalkan ke anak, bahwa mereka harus saling sayang teman walaupun teman mereka berbeda warna kulit, jenis rambut, warna baju, bentuk mata, berat badan / tinggi badan, dll. Di Art Day kali ini, mbak tantri dan mbak dwi sebagai fasilitator, mencoba memulai kegiatan dengan mendongeng. Dongeng kali ini menggunakan berbagai macam wayang yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dalam dongeng ini, nilai yang diangkat adalah saling menghargai, sayang teman walaupun teman mereka berbeda secara fisik. 


Selanjutnya anak anak diajak untuk melihat diri mereka sendiri, ataupun teman lain. Mereka mempunyai ciri khas seperti apa? Lalu mereka diajak untuk menuangkan ke dalam kertas. Masing masing anak menggambar, boleh menggambar mereka sendiri, ayah, ibu, atau teman mereka. Gambar mereka akan dibuat menjadi sebuah poster dengan tema “ayo sayang teman”.  Gambar mereka sungguh luar biasa, dan setelah digabung menjadi satu , semakin mencerminkan bahwa berbeda itu bukan menjadi sebuah penghalang untuk berteman dan bermain bersama. 

Untuk art day berikutnya adalah membuat tas dari kaos bekas. Salah satu nilai yang diangkat oleh ECCD RC adalah ramah lingkungan. Di art day kali ini, kami memilih mengajak anak untuk mulai peduli dengan lingkungan dengan mengurangi sampah plastic. Belanja adalah kebutuhan utama dari setiap rumah. Anak anak adalah bagian dari keluarga. Kami mengajak anak untuk diskusi, apakah mereka sering mendapatkan kantong plastic saat belanja di pasar atau took / supermarket? Kami mencoba membantu anak untuk mengerti, apa kerugian dari bumi ini jika kita selalu menumpuk plastic di rumah. Seberapa lama plastic itu akan terurai di tanah? Sehingga akhirnya kami menemukan sebuah kesepakatan bahwa, sebaiknya saat belanja kita membawa tas belanja sendiri. Dan.. mereka akan membuatnya dari kaos bekas. 

Bagian bawah kaos dijahit terlebih dahulu oleh orang dewasa, selanjutnya anak mencoba menggunting sesuai proses pembuatannya, lalu mereka boleh mewarnai tas belanja mereka menggunakan cat poster. Anak anak sangat senang, dan sangat antusias menggunakan tas itu saat belanja atau membawa barang lain. 

Art day ini diadakan sebulan sekali, dengan kelompok umur yang berbeda. Tema tiap art day akan berbeda beda. Art day ini terbuka juga untuk umum. Kontribusi untuk mengikuti art day ini sebesar Rp. 5000 / anak.  Ayo teman teman…kalian boleh ikut untuk art day selanjutnya…

Untuk informasi tentang art day bisa dilihat di web, fb atau bisa telp ke 0274-373709. Bisa juga sms ke mbak Tantri, di 085858437043

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.