Memelihara Binatang

Dimuat di Harian Jogja
Demitria Budiningrum

Saat ini, apak atau Ibu mungkin sedang bingung karena si kecil mnta dibelikan binatang peliharaan. Bingung mungkin karena khawatir anak tertular penyakit, atau karena memikirkan manfaatnya bagi anak, atau karena alasan lainnya.

Manfaat
Mengembangkan tanggung jawab: ketika orangtua dan anak sudah mengambil keputusan untuk memelihara binatang, tentu yang diperlukan adalah tanggungjawab merawat binatang. Mulai dari memberi makan dan minum, sampai menjaga kebersihan dan menjaga kesehatannya. Jika anak berhasil melakukannya, ia belajar mengembangkan rasa tanggungjawabnya.
Mengembangkan disiplin: merawat binatang tentu memerlukan ketekunan dan kedisiplinan. Disiplin memberi makan dan minum, disiplin menemani bermain, disiplin membersihkan dan memberi perawatan kesehatan, dan disiplin menjalankan kesepakatan. Melalui ini, anak mengembangkan kebiasaan disiplin sejak dini.
Mengembangkan kasih sayang: kasih sayang tentu saja tdak hanya untuk sesama manusia. Kasih sayang tentu saja juga untuk binatang dan semua yang ada di sekitar kita. Dengan menyayangi binatang peliharaannya, anak mengembangkan perilaku menyayangi yang dapat diterapkan kepada teman-teman dan orang lain.

Resiko
Kebersihan tidak terjaga
Kebersihan kandang ataupun tempat tinggal binatang peliharaan tentu harus selalu terjaga. Menjadi masalah ketika tempat tinggal binatang kotor, karena akan mengotori rumah tinggal kita.
Penyebaran penyakit
Penyakit akan timbul karena kebersihan tempat tinggal binatang peliharaan tidak terjaga. Mulai dari penyakit gatal-gatal, gangguan pernaasan, sampai penyakit lain yang berbahaya.
Mengganggu tetangga
Gangguan bagi tetangga tidak hanya disebabkan oleh bau tak sedap yang timbul dari kotoran binatang. Dapat juga mengganggu karena bunyi berisik, perilaku binatang yang merusak pekarangan tetangga, sampai menyakiti orang yang lewat.
Cara mendampingi
Cari informasi mengenai perawatan, perilaku binatang, dan resikonya. Hal ini penting untuk mengukur kesanggupan keluarga merawat binatang dan mencegah resiko yang mungkin ditimbulkan.
Pilih binatang yang mudah perawatannya. Untuk anak usia dini, disarankan merawat binatang yang mudah pemeliharaannya. Hal ini mengingat perkemangan dan perubahan minat anak yang mudah berubah.
Buat kesepakatan tugas dan tanggungjawab, serta konsekwensinya. Kalau sudah diputuskan akan memelihara bintang, tentu harus dibuat kesepakatan bersama mengenai perawatannya. Hal ini penting agar kita tidak menjadi orang yang tidak bertanggungjawab dengan menelantarkan binatang.
Selalu memantau kesehatan binatang peliharaan. Banyak juga penyakit yang dapat ditimbulkan karena memelihara binatang. Oleh sebab itu, pastikan binatang dan tempat tinggalnya selalu dalam keadaan sehat dan bersih. Bila perlu, lakukan pemeriksaan dan berikan suntikan vaksin secara rutin
Beri pengertian tentang kebiasaan cinta lingkungan hidup. Tidak semua binatang untuk dipelihara. Banyak binatang yang lebih baik hidup di alam bebas. Bahkan, tidak ada salahnya memutuskan untuk tidak memelihara binatang. Kita tetap saja dapat dikatakan penyayang binatang karena membiarkan binatang hidup di alam bebas.





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KUNJUNGI!30 APRIL - 21 MEI 2021

Sedang berlangsung Pameran Permainan Keluarga oleh siswa-siswi Sekolah Rumah Citta. Pameran (secara daring) digelar dalam rangka mengenang perjuangan Ibu Kartini, sekaligus belajar lagi tentang nilai kesetaraan dan adil gender.